Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Usai Luhut Singgung BBM EURO 5, Pertamina Beberkan Pengoperasiannya Bakal di Tahun Ini

Usai Luhut Singgung BBM EURO 5, Pertamina Beberkan Pengoperasiannya Bakal di Tahun Ini Kredit Foto: Pertamina.
WE BUMN, Jakarta -

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (persero) Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan bahwa saat ini Pertamina yang dipimpin Nicke Widyawati sudah memiliki BBM setara Euro 4 yakni Pertamax Turbo dan Pertamina Dex.

Hal tersebut seraya merespons pernyataan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang di bawah kepemimpinan Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca Juga: Jadi Garda Terdepan Jalankan Transisi Energi, Trobosan PLN Ini Dapat Dua Jempol

Adapun Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah sedang memikirkan bagaimana caranya untuk beralih ke bahan bakar standar Euro 4 dan 5.

Luhut mengatakan pihaknya dengan Pertamina sedang dalam proses pengembangan BBM berstandar EURO 4 dan 5 sebagai salah satu langkah untuk mengurangi polusi udara.

“Itu sulfurnya supaya rendah. Saya kira tim saya dengan Pertamina sedang kerjakan. Malah Kemarin saya dapat info ini lagi dihitung lagi ya, itu akan mengurangi subsidi kita mungkin bisa sampai Rp 20 hingga 50 triliun lagi dari sana,” kata Luhut dalam unggahan akun instagram pribadinya.

Menanggapi hal itu, Fadjar menyebut bahwa untuk BBM berstandar Euro 5 akan dapat diproduksi setelah proyek Refinery Development Masterplan (RDMP) kilang rampung. Salah satunya yaitu Kilang Balikpapan.

“Kilang Balikpapan saat ini sedang dalam masa transisi dalam rangka integrasi kilang eksisting ke kilang baru,” ungkap Fadjar dikutip WE BUMN dari Kata Data, Senin (4/3).

Fadjar menyebut, ketika proyek Kilang Balikpapan sudah bisa beroperasi secara penuh, maka kilang ini dapat memproduksi bahan bakar dengan standar Euro 5.

“Kami harapkan tahun ini bisa beroperasi dengan penuh,” ucapnya.

Dilansir dari laman resmi MyPertamina, Pertamax Turbo merupakan bahan bakar dengan Ron 98 yang memiliki kandungan sulfur dibawah 50 ppm memenuhi standar EURO 4. Pertamax Turbo juga dilengkapi dengan formula PERTATEC (Pertamina Technology) dan Ignition Boost Formula.

Penulis/Editor: Irania Zulia

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: