Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024 Kredit Foto: PHR.
WE BUMN, Jakarta -

Kilang Cilacap melalui program Desa Energi Berdikari di Desa Kalijaran meraih penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2024. Adapun Kilang Cilacap menjadi satu dari 70 unit operasi Pertamina Group.

Bukan tanpa alasan, keberhasilan Kilang Cilacap di ajang ini karena konsistensi dalam pengembangan energi baru terbarukan di Desa Kalijaran. 

Baca Juga: Erick Thohir Nyatakan Soal Peluang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Meski Resesi

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna.

"Kami mengusung program Mapan (Masyarakat Pengelola Pertanian Berkelanjutan) di Desa Kalijaran, Kecamatan Maos, Cilacap," ungkapnya dikutip WE BUMN, Senin (26/2).

Program Mapan, kata dia, diimplementasikan dengan optimalisasi potensi alam berupa sumber air tanah dan panas matahari untuk energi pertanian berbasis tenaga surya.

“Hal ini juga mendukung peningkatan ekonomi masyarakat melalui pertanian berkelanjutan. Energi listrik dari panas matahari sebagai penggerak pompa untuk mengangkat air dalam sumur bor yang disimpan di tandon berkapasitas 2.200 liter untuk mengairi sawas seluas 12 hektare,” ucapnya.

Menurut dia, saat ini total energi bersih yang dihasilkan mencapai 10.750 wattpeak (wp) dari titik Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang menjangkau 21 hektar lahan sawah dan 90 penerima manfaat.

Diketahui, sebanyak 70 unit usaha Pertamina Group mendapatkan penghargaan masing-masing lebih dari satu kategori penyelamatan di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, untuk keberhasilan tersebut Pertamina dijuluki sebagai The Guardian atau Penyelamat dengan raihan penghargaan 5 bintang.

Terkait hal tersebut, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati pun dinobatkan sebagai EcoStar of The Year. Dalam sambutan yang dibacakan Vice President Corporate Social Responsibility (CSR) and SMEPP Management Pertamina Fajriyah Usman, dibeberkan perihal komitmen perusahaan pada keberlanjutan selaras pergerakan global. 

Penulis/Editor: Irania Zulia

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: