Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bos BRI Ingin 80 Persen Perolehan Laba Dibagi Jadi Dividen

Bos BRI Ingin 80 Persen Perolehan Laba Dibagi Jadi Dividen Kredit Foto: BRI.
WE BUMN, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) bakal mengisyaratkan bakal membagi dividen jumbo dari laba tahun buku 2023. Hal ini dikatakan Direktur Utama BRI Sunarso.

Dalam pernyataannya, Sunarso mengatakan dirinya menginginkan sebesar 70 persen hingga 80 psrsen dari perolehan laba tahun lalu dapat dibagi menjadi dividen.

Baca Juga: Erick Thohir Beri Respons Begini Soal Pertamina Tak Naikkan Harga BBM Per Februari 2024

Lebih lanjut, ia menjelaskan BRI memiliki rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) sebesar 27 persen. Adapun jumlah ini melampaui ketentuan Basel III yang mensyaratkan minimal CAR perbankan sebesar 17,5 persen.

"Sehingga kita punya abstan sekitar 10 persen. Kalau setiap tahun hanya mengkonsumsi CAR 2 persen, maka saya katakan jadi 4 sampai 5 tahun ke depan, BRI tidak butuh nambah modal. Kan modalnya lebih dari cukup, berapa pun laba BRI, tidak masalah jika laba itu dibagi dalam bentuk dividen," ujar Sunarso dikutip WE BUNN, Senij (19/2).

Ia pun menegaskan bahwa keinginannya yakni di angka 70 sampai 80 persen rari perolehan laba.

"Kisi-kisinya, saya sih ingin 70% sampai 80% dari laba," ucapnya.

Untuk diketahui, BRI mencatatkan laba bersih tahun berjalan secara konsolidasian sebesar Rp60,43 triliun sepanjang tahun 2023. Perolehan tersebut tumbuh 17,54 persen secara tahunan (yoy) dari perolehan tahun 2022 sebesar Rp51,40 triliun.

Maka, jumlah dividen yang dibagikan BRI untuk tahun buku 2023 dapat mencapai Rp 48,34 triliun.

"Ke mana duit itu? duit mengalir pada pemegang saham, pemerintah mayoritas 53,19 persen [saham] sehingga laba itu kalo misal katakanlah kita bayar dividen Rp 40 triliun maka 53,19 persen akan balik kepada negara," imbuhnya.

Sebelumnya, BRI telah membagikan dividen interim sebanyak Rp 84 per saham. Sedangkan untuk tahun buku 2022, BRI telah membagikan dividen sebesar Rp43,4 triliun atau sebesar 85 persen dari laba bersih sebesar Rp51,1 triliun.

Penulis/Editor: Irania Zulia

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: