Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Edukasi Masyarakat Antisipasi Maraknya Modus Soceng, BRI Beri Sederet Tips, Simak

Edukasi Masyarakat Antisipasi Maraknya Modus Soceng, BRI Beri Sederet Tips, Simak Kredit Foto: BRI.
WE BUMN, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus mengedukasi masyarakat terkait masih maraknya terjadi modus social engineering (soceng).

Adapun modus soceng tersebut merupakan rekayasa sosial atau teknik manipulasi untuk mendapatkan akses informasi pribadi yang bersifat rahasia (data transaksi, seperti user, password dompet digital bahkan aplikasi mobile banking) oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Tak Hanya Cetak Rekor Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Bukti Erick Thohir Berantas Praktik Korupsi di BUMN

Tak hanya sampai situ, fraudster atau pelaku akan melakukan transaksi perbankan milik nasabah.

Berbagai modus soceng dilancarkan oleh pelaku seperti undangan pernikahan, paket barang, dokumen/file, kuis, ataupun cara lainnya yang menarik perhatian.

Cara mengantisipasi yakni dengan selalu menjaga kerahasiaan data perbankan, serta tetap berhati-hati dalam menerima pesan yang ada, nasabah akan terhindar dari berbagai modus penipuan dengan modus soceng.

BRI pun akan selalu mengedukasi serta mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada akan modus penipuan baru soceng. Adapun cara mengantisipasi berbagai modus tersebut antara lain:

1. Waspada saat ada pesan dari nomor tak dikenal mencantumkan link/file berformat APK.

2. Kenali file yang disertai pengumuman/pemberitahuan berupa ancaman dan membuatmu panik, resah, atau takut.

3. Tidak asal klik link/file yang dikirimkan oleh pihak yang tidak dikenal.

4. Jika sudah terklik dan install file tersebut, segera matikan koneksi data selular dan WIFI pada perangkat.

5. Bersihkan data dan cache aplikasi tersebut.

6. Uninstall aplikasi tersebut.

7. Ubah user name, PIN dan password mobile banking termasuk email pribadi.

8. Lebih aman untuk dilakukan reset handphone ke factory mode atau mode pabrik.

Sementara itu, BRI juga menghadirkan layanan contact center perbankan. Adapun para nasabah dalam menggunakan layanan tersebut dapat menghubungi Contact BRI di 1500017 atau chat Sabrina via WhatsApp di 0812-12-14017.

Contact center tersebut pun tak hanya untuk informasi produk dan layanan BRI, tapi juga termasuk pengaduan. Dengan menghubungi layanan tersebut, nasabah dapat langsung berkomunikasi secara langsung dengan pihak bank.

Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi pun buka suara. Dalam keterangan resminya, ia mengimbau nasabah dapat menghubungi contact resmi BRI guna memastikan kebenaran informasi yang dirasa meragukan.

"Seperti diketahui, di balik sisi positif perkembangan era digital, terdapat risiko kejahatan berbasis digital yang dapat menyasar siapa saja," ujar Agustya Hendy dikutip WE BUMN, Rabu (10/1).

Lebih lanjut, BRI juga memiliki beberapa akun channel resmi dan media sosial resmi yang bisa digunakan untuk menghubungi Contact BRI. Semua media sosial resmi BRI telah verified (bercentang biru) antara lain :

• Instagram: @bankbri_id

• Facebook: BANK BRI

• TikTok: @bankbri_id

• X (sebelumnya twitter): @bankbri_id, @kontakBRI, @promo_BRI

• Youtube: BANK BRI

Penulis/Editor: Irania Zulia

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: