Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Cara BRI Kembangkan Kapasitas Sekaligus Kualitas UMKM di Tanah Air

Begini Cara BRI Kembangkan Kapasitas Sekaligus Kualitas UMKM di Tanah Air Kredit Foto: BRI.
WE BUMN, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbl (BBRI) atau BRI membuktikan perannya dalam memajukan UMKM Indonesia. Adapun melalui program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, BRI berharap bisa terus memberikan dampak positif dan meluas pada kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas UMKM Tanah Air.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Direktur Utama BRI Sunarso. Dalam pernyataannya, ia mengungkapkan bahwa program yang dirampungkan pihaknya yang menjadi salah satu langkah konkret perseroan sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia.

Baca Juga: Erick Thohir Bicara Nasib Rencana Penggabungan Angkasa Pura I dan II

“Melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, kami berharap dapat memberikan dampak positif dan meluas pada kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas UMKM Indonesia," ujar Sunarso dikutip WE BUMN, Rabu (13/12).

Diketahui, program tersebut dibuka dalam rangka HUT ke-128 BRI. Dengan program tersebut, Sunarso menyebutkan bahwa nilai kesepakatan melalui business matching di ajang UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pun terus bertambah. Pada 2019 sebesar USD 33,5 juta, naik pada 2020 menjadi USD 57,5 juta dan pada 2021 kembali meningkat menjadi USD 72,1 juta.

Kemudian, pada 2021 menjadi sangat menarik karena UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR dilakukan secara virtual akibat pandemi. Kemudian pada 2022 lalu nilainya menembus USD 76,7 juta. Pada penyelenggaraan tahun 2023 ini, pihaknya menargetkan nilai kontrak sebesar USD 80 juta.

Sunarso juga menuturkan program tersebut tak hanya terkait economic value creation, tetapi juga menjadi perwujudan komitmen BRI untuk meningkatkan social value creation dengan berperan aktif dalam mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas serta kualitas UMKM di Indonesia.

Diharapkan pula melalui gelaran tersebut, UMKM dapat membangun kembali kepercayaan diri berani tampil di pasaran mancanegara, dan menguatkan pemasaran di pasar lokal melalui perluasan channel penjualan di platform e-commerce.

Lebih lanjut, Sunarso mengatakan bahwa hasil karya anak bangsa punya peluang besar untuk memasarkan produknya ke pasar global dan bersaing dengan negara lain.

Penulis/Editor: Irania Zulia

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: