Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bocor! BRI Ternyata Bakal Bagikan Dividen Sebesar 70 Persen dari Laba

Bocor! BRI Ternyata Bakal Bagikan Dividen Sebesar 70 Persen dari Laba Kredit Foto: BRI.
WE BUMN, Jakarta -

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) Sunarso membocorkan bahwa BRI akan membagikan dividen sebesar 70 persen dari laba dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Adapun Sunarso menyebutkan bahwa BRI memproyeksikan laba bersih mampu mencapai Rp55 triliun hingga akhir 2023. Bahkan, pada 2024, dirinya meramal laba BBRI berada di kisaran Rp60 triliun. 

Baca Juga: Waduh, Pertamina Bakal Larang Kendaraan Ini Isi BBM Bersubsidi, Kok Bisa?

Bukan tanpa alasan, lanjut Sunarso hal tersebut lantaran apabila dividen kurang dari itu, maka laba BRI makin jumbo dan pihaknya bakal menghadapi tantangan dalam menumbuhkan kinerja untuk mengoptimalkan modal.  

Menurut Sunarso, dengan memastikan bahwa aliran laba pada 2023 akan dikembalikan kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen, membuat perseroan dapat menyisakan modal yang cukup untuk mengelola pertumbuhan dan kinerja perusahaan secara produktif.

Awalnya, Sunarso memang masih memproyeksikan bakal membagikan dividen jumbo untuk investor pada tahun depan. Dividen tersebut diberikan dari berapapun laba bersih yang dihasilkan perseroan pada tahun buku 2023-2024. 

Lebih lanjut, Sunarso menyebutkan bahwa pertimbangan itu didasarkan pada tingkat rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) yang saat ini tergolong terlalu tebal, di level 27,47 persen per September 2023. Padahal, menuturnya kebutuhan risk management perseroan hanya butuh 17 persen hingga 17,5 persen.

"Jadi, kita punya excess [kelebihan] modal 10 persen, sebut kalau setahun untuk meng-cover pertumbuhan itu hanya butuh 2 persen dari konsumsi capital, maka bisa sampaikan selama lima tahun ke depan, berapapun laba BRI harus dibagi dalam dividen," tutur Sunarso dikutip WE BUMN, Kamis (7/12).

Dikutip dari Bisnis, tebaran dividen tunai BRI menjadi yang terbesar di antara emiten perbankan lainnya. Apabila berkaca dalam lima tahun terakhir, tebaran dividen BRI juga terus meningkat. Tercatat, sejak 2017, BRI mencatatkan dividend payout ratio  yang tinggi kepada pemegang saham, yakni di atas 44 persen.

Penulis/Editor: Irania Zulia

Bagikan Artikel: