Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Waduh, Pertamina Bakal Larang Kendaraan Ini Isi BBM Bersubsidi, Kok Bisa?

Waduh, Pertamina Bakal Larang Kendaraan Ini Isi BBM Bersubsidi, Kok Bisa? Kredit Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
WE BUMN, Jakarta -

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) mengambil peran terkait masyarakat yang terdampak imbas fenomena El Nino. Adapun KPI menyalurkan bantuan 25 ribu liter air bersih untuk masyarakat di Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (11/11).

Terkait hal tersebut, Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan, Mohamad Zulkifli mengatakan bahwa pihaknya melakukan hal tersebut seraya merealisasikan komitmennya dalam salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Baca Juga: Dividen BUMN Tembus Rp74,1 T, Erick Thohir: BUMN Harus Jadi Benteng Ekonomi di Indonesia

Lebih lanjut, KPI dengan sigap membantu masyarakat itu melalui Kilang Balongan khususnya kepada masyarakat terdampak kemarau panjang akibat fenomena El Nino yang membuat kekeringan berkepanjangan dan terjadi krisis air bersih.

“Saat ini ada lima truk yang masing-masing berisi 5 ribu liter air bersih untuk Kecamatan Cantigi. Selanjutnya akan dikirim 3 truk air bersih juga ke Kecamatan Krangkeng," ujar Zulkifli dikutip WE BUMN, Jumat (19/11).

Lebih lanjut, kata Zulkifli, akibat dari dampak kemarau panjang ini, lahan pertanian masyarakat menjadi kering sehingga mempengaruhi kondisi perekonomian masyarakat.

Dengan bantuan yang diberikan pihaknya, Zulkifli pun berharap setidaknya air bersih itu bisa bermanfaat bagi masyarakat di wilayah tersebut.

"Semoga bantuan air bersih ini bermanfaat untuk masyarakat," pungkas Zulkifli.

Sementara itu, dikutip dari JPNN, Camat Cantigi Zaenal Muttaqien, menyambut baik dan mengapresiasi bakti sosial yang diselenggarakan Pertamina RU VI Balongan. Perhatian dari Pertamina ini, kata Zainal, sangat dinantikan oleh masyarakatnya yang selama ini sangat membutuhkan air bersih.

“Kecamatan Cantigi adalah daerah tadah hujan, sehingga kebutuhan air sebagaian besar bergantung terhadap turunnya hujan, bantuan ini semoga menjadi amal jariyah untuk Pertamina”, tutur Zainal.

Alasan dipilihnya Kacamatan Cantigi sebagai lokasi penyaluran air bersih ini merupakan hasil survei tim jurnalis Pertamina Balongan. Dari survei tersebut desa-desa di Cantigi merupakan daerah yang belum turun hujan sekitar 6 bulan, sedangkan daerah lain sudah hujan.

Di samping itu, Ketua Panitia acara bakti sosial air bersih, Dedi Musashi mengatakan bahwa akan didistribusikan lagi sebanyak tiga tangki air bersih bagi daerah yang juga sangat membutuhkan.

“Insyaallah tiga tangki air bersih lagi nanti kami distribusikan ke Desa Luwunggesik di Kecamatan Krangkeng yang saat ini juga sangat membutuhkan air bersih," ucap Dedi Musashi.

Masyarakat pun begitu merasa terbantu dengan bantuan tersebut. Pada proses penyaluran air bersih tepat di depan Kantor Camat Cantigi, masyarakat terlihat gembira dan berbondong-bondong membawa galon air hingga jerigen untuk menampung air. Salah satunya Darini.

Darini mengaku senang karena selama ini kebutuhan air bersih diperoleh dari membeli air galon kemasan untuk kebutuhan memasak.

"Terima kasih Pertamina bantuan air bersihnya," imbuhnya.

Penulis/Editor: Irania Zulia

Bagikan Artikel: