Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wujud Komitmen Jalankan Transformasi Digital, BRI Luncurkan Inovasi Digital Kustodian 'BRI Frens'

Wujud Komitmen Jalankan Transformasi Digital, BRI Luncurkan Inovasi Digital Kustodian 'BRI Frens' Kredit Foto: BRI.
WE BUMN, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI meluncurkan inovasi digital kustodian berbasis web bernama BRIFrens. Adapun inovasi digital tersebut dapat diakses secara langsung oleh nasabah Kustodian BRI agar dapat bertransaksi secara nyaman dan aman.

Terkait hal tersebut, EVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi mengungkapkan bahwa peluncuran BRIFrens menjadi wujud komitmen BRI dalam menjalankan transformasi digital melalui digitalisasi layanan perbankan di Indonesia.

Baca Juga: BRI dan Visa Indonesia Luncurkan Debit Virtual Pertama, Ternyata Ini Keunggulan Utamanya!

Selain itu, Achmad Royadi juga berharap bahwa pihak terkait bisa dengab mudah mengakses layanan BRiFrens dengan lebih cepat dan mudah.

“Kami harapkan pemegang surat berharga dapat lebih cepat dan mudah dalam mengakses layanan jasa Kustodian BRI melalui BRIFrens," ujar Achmad Royadi dikutip WE BUMN, Kamis (30/11).

Achmad juga menjelaskan bahwa pada awal pendaftaran, nasabah dapat mengatur sendiri kewenangan untuk menjadi pengguna (user maker), pemeriksa (checker), dan penandatangan (signer), serta dikelola sendiri oleh pihak nasabah.

Kemudian, pengiriman instruksi transaksi juga tidak perlu mengirim surat fisik, sehingga pengguna cukup mengunggah data di BRIFrens, pemeriksa melakukan verifikasi, dan persetujuan oleh penandatangan.

Di samping itu dari segi keamanan, tak perlu khawatir, BRIFrens dilengkapi oleh autentikasi dua faktor (two factor authentication) menggunakan One Time Password (OTP) kepada surat elektronik penandatangan dan apabila dibutuhkan laporan-laporan portofolio, hanya perlu mengunduh dari BRIFrens.

Dijelaskan Achmad Royadi, nasabah bisa dengan mudah mengakses layanan BRIFrens yakni dengan membuka melalui mesin pencari dan mengetik laman https://brifrens.bri.co.id.

Dengan begitu, BRIFrens akan terintegrasi ke dalam aplikasi layanan nasabah korporasi terpadu BRI bernama Qlola yang memudahkan nasabah korporasi mengakses berbagai produk dan layanan BRI dengan satu kali masuk (Single Sign On).

Sementara itu, tercatat hingga Agustus 2023, aset kelolaan Bank Kustodian BRI telah menembus Rp1.000 triliun atau meningkat cukup signifikan dibandingkan posisi aset kelolaan pada Desember 2022 senilai Rp555 triliun.

Diketahui, peningkatan aset kelolaan tersebut didukung dengan pertambahan jumlah kerja sama baru dan pertumbuhan aset kelolaan dari nasabah yang ada.

Karena hal tersebut, disebutkan Achmad Royadi bahwa pasar modal Indonesia masih menunjukkan pertumbuhan yang positif.

"Hal ini menunjukkan pasar modal Indonesia masih menunjukkan resiliensi yang tinggi dan tumbuh positif di tengah ketidakpastian perekonomian di tingkat global," imbuhnya.

Penulis/Editor: Irania Zulia

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: