Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dividen BUMN Tembus Rp74,1 T, Erick Thohir: BUMN Harus Jadi Benteng Ekonomi di Indonesia

Dividen BUMN Tembus Rp74,1 T, Erick Thohir: BUMN Harus Jadi Benteng Ekonomi di Indonesia Kredit Foto: Nuranda Indrajaya
WE BUMN, Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan bahwa BUMN sudah harus jadi benteng ekonomi di Indonesia. Hal ini ditegaskan Erick Thohir seraya membeberkan pencapaian BUMN yakni terkait setoran dividen BUMN untuk kas negara tembus Rp74,1 triliun per Oktober 2023.

Erick Thohir menilai bahwa pembagian dividen tersebut yang menjadi kontribusi BUMN, seraya merupakan bukti konkret perubahan BUMN, yang berdampak positif bagi kinerja perusahaan.

Baca Juga: Demi Sederet Tujuan Ini, PLN Group Jalin Kerja Sama dengan Start Up

Kemudian, Erick Thohir pun merincikan bahwa sumbangan dividen terbesar berasal dari yang bergerak di sektor perbankan dan energi. Ia terus mendorong peningkatan kontribusi dari sektor lain agar dividen yang masuk kantong negara dan masyarakat bisa lebih besar.

"Sejak awal saya selalu tekankan, BUMN harus menjadi benteng ekonomi Indonesia. Peningkatan kontribusi juga menggambarkan kondisi BUMN yang terus membaik," tutur Erick Thohir dikutip WE BUMN, Kamis (30/11),

Karena hal tersebut, Erick Thohir tampak optimis setoran dividen BUMN kepada negara akan terus meningkat hingga akhir tahun. Ia pun menyebutkan ingin BUMN terus menjaga tren positif, termasuk dalam peningkatan laba yang pada 2020 hanya sebesar Rp13triliun, lalu menjadi Rp 124 triliun pada 2021, dan melonjak hingga Rp 250 triliun pada 2022.

"Insyaallah, BUMN mampu kembali mencetak sejarah seperti pemberian dividen tertinggi untuk negara sebesar 80,2 triliun pada 2022," tandasnya.

Di samping itu, Erick Thohir juga menyebutkan bahwa pencapaian BUMN yakni setoran dividen BUMN untuk kas negara tembus Rp74,1 triliun per Oktober 2023 tu merupakan 150 persen lebih tinggi dari target awal.

Ia pun menyebutkan bahwa dividen BUMN hingga Oktober 2023 itu membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani tampak ikut senang.

"Alhamdulillah, ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun ikut happy karena dividen BUMN hingga Oktober 2023 sudah tembus Rp 74,1 triliun," ungkap Erick Thohir.

Penulis/Editor: Irania Zulia

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: