Menu
News
Strategy
Leadership
Social Responsibility
In-depth
Video
Indeks
About Us
Social Media

Demi Sederet Tujuan Ini, PLN Group Jalin Kerja Sama dengan Start Up

Demi Sederet Tujuan Ini, PLN Group Jalin Kerja Sama dengan Start Up Kredit Foto: PLN
WE BUMN, Jakarta -

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Group menggandeng empat startup. Hal tersebut dilakukan yakni sebagai upaya penguatan bisnis perseroan.

Adapun eempat startup yang menjalin kerja sama dengan PLN Group yakni Kanggo, Rekosistem, Imajin dan Fresh Factory. Keempat startup itu merupakan peserta dari program "Connext Powered by PLN" yang di dalamnya terdapat kegiatan inkubasi dan kolaborasi bersama startup.

Baca Juga: Ada Apa dengan PLN yang Sesalkan Soal Skema Power Whewling Masuk Daftar DIM RUU EBET?

Tak hanya dalam upaya penguatan bisnis perseroan, kerja sama ini juga merupakan bagian dari upaya PLN mendukung tumbuhnya startup di Indonesia, sekaligus melakukan penguatan bisnis PLN.

Terkait hal tersebut, Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo menjelaskan, kerja sama dengan empat startup yang dibuktikan dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama itu merupakan langkah progresif perseroan untuk menciptakan ekosistem bisnis yang berkesinambungan.

Meski begitu, kata Hartanto, kerja sama itu juga menjadi langkah nyata PLN menjadi pusat startup energi hingga kelistrikan di Indonesia.

"Penandatangan Perjanjian Kerja Sama menjadi bentuk nyata komitmen PLN dalam menjadi episentrum bagi startup energi, kelistrikan, dan turunannya, agar perusahaan dapat terus beradaptasi terhadap kemajuan teknologi dan perubahan perilaku yang serba digital di era modern," jelas Hartanto dikutip WE BUMN, Kamis (30/11).

Lebih lanjut, Hartanto menyebutkan bahwa sinergi itu tak hanya memperkuat bisnis PLN dan startup, tapi diharapkan pula dapat berkontribusi menyediakan solusi bagi permasalahan lokal.

Kemudian, ia berharap bahwa kerja sama ini tak berhenti sampai di sini, namun akan dilanjutkan ke tingkat yang lebih luas lagi untuk ke depannya.

"PLN ingin menempatkan diri sebagai episentrum dari pengembangan startup energi di Indonesia. Sehingga bukan hanya nanti bekerja sama dengan empat startup tetapi ke depan kita akan berusaha untuk membangun ekosistem bersama-sama dan menikmati perkembangan industri energi ini secara bersama-sama," tutur Hartanto.

Hartanto mengatakan bhwa PLN telah menorehkan sejarah baru yakni dengan kerja melakukan kerja sama yang menggandeng startup. Melihat sinergi itu jadi gebrakan baru bagi PLN, dijarapkan pula dalam jalannya ke depan bisa bekerja sama lebih baik.

Penulis/Editor: Irania Zulia

Bagikan Artikel: